Tuesday, April 11, 2017

Apa itu Report Text? PENJELASAN & CONTOH

Report Text | Materi pelajaran genre (jenis-jenis teks bahasa Inggris)merupakan salah satu materi yang sering dipelajari di sekolah-sekolah (SMP dan SMA). Ada banyak jenis genre, dan salah satunya adalah Report Text. Nah, untuk membantu teman-teman dalam memahamai apa itu report text, berikut adalah penjelasan singkatnya. Semoga dari penjelasan singkat dan contoh berikut, dapat membantu kalian dalam memahami apa itu report text, ciri-cirinya, generic structure-nya.

A. Pengertian Report Text

Report text yaitu teks yang memberikan info berkenaan suatu hal (objek, makhluk hidup, perihal alam) dengan apa ada, sebagai hasil pengamatan yang sistematis serta menurut fakta. Teks model ini kerap dikatakan sebagai saudara kembar descriptive text jadi lumrah banyak siswa bingung langkah membedakan ke dua teks tersebut.

B. Ciri-ciri Report Text

Ciri yang membedakan report text dengan descriptive text yaitu langkah penulisannya. Report text cuma menjelaskan bahasan teks dengan umum, tetapi teks descriptive menceritakan bahasan teks dengan lebih detil.

C. Generic Structure Report Text

Terdapat dua susunan dalam report text yakni :

  1. General statement : pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, info, serta klasifikasinya.
  2. Description : Pada bagian ini, penulis memberikan gambaran fenomena-fenomena yang berlangsung ; baik bagian-bagiannya, karakter-sifatnya, kebiasaannya, maupun perilakunya. Intinya yaitu penjabaran dari klasifikasi yang dihidangkan dengan ilmiah. 

Report Text, Penjelasan Report Text, Pengertian Report Text, Definisi Report Text, Apa itu Report Text, Ciri-ciri Report Text, Generic Structure Report Text, Struktur Report Text, Contoh Report Text, Contoh Report Text dan Terjemahan,
Apa itu Report Text? PENJELASAN & CONTOH

D. Contoh Report Text

Pelican

The pelican is a large bird that is most well known for the pouch that the pelican has in it's beak which the pelican uses to scoop fish out off the water. The pelican is found in the countryside worldwide, dwelling near water and densely populated fishing areas.

The pelican is generally an enormous bird with some species gaining a wingspan of well over 3 meters. Other species of pelican are much smaller but these smaller species of pelican tend to live on land rather than spending their lives at sea.

Despite the fact that pelicans are omnivorous birds, pelicans mainly feed on fish, crustaceans such as prawns and crabs, small species of turtle and squid. The pelican uses it's beak pouch to scoop a mouth-full of water up and then strains the water out of it's beak leaving the food (such as fish) behind for the pelican to eat.

Pelicans inhabit areas around the world usually in large flocks of more than 100 birds. Pelicans rest and nest together in these communities but often hunt and feed alone with the exception of the female pelican feeding her pelican chicks. The pelican chicks are known to gather together in small groups within the communial nesting site of their parents.

Terjemahan:

Burung Pelikan

Burung pelikan adalah burung besar yang terkenal akan kantong yang memilikinya di dalamnya paruh yang digunakannya untuk meraup ikan keluar dari air. Burung pelikan yang ditemukan di seluruh dunia, tinggal di dekat air dan padat penduduk daerah penangkapan ikan.

Burung pelikan umumnya burung berukuran besar dengan beberapa spesies yang mempunyai lebar sayap lebih dari 3 meter. Spesies lain dari burung pelikan jauh lebih kecil tapi ini spesies yang lebih kecil dari burung pelikan cenderung hidup di darat daripada menghabiskan hidup mereka di laut.

Terlepas dari kenyataan bahwa burung pelikan adalah burung omnivora, burung pelikan utamanya memakan ikan, krustasea seperti udang dan kepiting, spesies kecil dari penyu dan cumi-cumi. Burung pelikan menggunakan paruh kantong mereka untuk meraup air hingga memenuhi mulutnya, kemudian mengeluarkan air tersebut dengan meninggalkan makanan (ikan) untuk kemudian dimakan. 

Pelikan mendiami hampir seluruh daerah di seluruh dunia biasanya dalam kawanan besar yang terdiri lebih dari 100 burung. Pelikan istirahat dan sarang bersama-sama dalam komunitas ini tetapi sering berburu dan makan sendirian dengan pengecualian dari perempuan pelikan memberi makan anak burung pelikannya. Para anak burung pelikan dikenal untuk berkumpul bersama dalam kelompok kecil dalam situs bersarang communial dari orang tua mereka.
Itulah penjelasan singkat tentang Report Text yang mencakup pengertian, generic struktur, ciri-ciri, dan contohnya. Semoga bisa membantu pembaca sekalian dalam mempelajari report text. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment